Cari data di web ini

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Iklan Hubungi (021)27101381


Informasi berita tentang wisata kuliner di seluruh Indonesia - Kontak Redaksi: (021)271.01.381 - (021)606.36235, Hotline: 08787.882.1248 - 081.385.386.583

Sabtu, 19 September 2009

PIATTO: Sajian Eropa Suasana Nusantara

Sepiring Sajian Khas Itali dekoeliner

Bekasi, kelanakuliner,
Anak saya bilang dan bertanya "Kalo di luar negeri Eropa sana ada meatball, di Indonesia ada bakso.... di sana ada soup di sini ada soto, di sana ada salad di sini ada lalapan atau gado-gado, di sana ada barbeque, di sini ada sate, di Itali ada spaghetti di sini ada bakmi... jadi apa istimewanya makanan dari luar negeri itu Abi?" (sebenarnya mau saya tambahkan, di Amerika Serikat sana juga ada marshmellow, ada noodles, ada hotdog dan ada burger yang di Indonesia padanannya juga ada...! itu tadi saya mau bilang ke anak saya, Lulu Ammantsura yang baru kelas 6 SD itu).
Ya istimewanya keunikan rasanya yang mungkin akan terasa jauh berbeda sesuai kondisi budaya, kebiasaan dan ketersediaan rempah bumbunya. Indonesia sendiri menunya dominan lebih spicy (pedas dan tajam) sedangkan masakan barat cenderung lebih hambar, terkecuali bila dibumbui dengan rempah khusus yang memang spicy, seperti lada hitam dan atau yang sejenisnya.

Hmmmm....! Kalau sudah begini saat saya menemui pemilik konter PIATTO salah satu tenant di De Koeliner, maka saya pun berusaha mencari tahu apa istimewanya masakan ala Itali namun ditulis sajian khas Eropa di tempat itu. Saya lagi membayangkan mudah-mudahan ada yang pedas dan sesuai dengan selera Sumatera saya....

Melihat sajian masakan berkarbohidratnya seperti Fettucini... (hmmmmm gue inget sama kwetiaw yang ada di tempat makana bakmie favorit gue di gang Kenari, deket UI). Sajian mie gepeng ini dihiasi pasta mayonaise (buat sebagian orang ini nikmat, tapi buat selain mereka ini sangat menjijikkan.... yah namanya juga selera). Hiasan daun sledri dan taburan potongan kecil daging cincang membuat air liur saya mau keluar... sayang gue harus bayar mahal... so nggak jadi mencicipi makanan unik Itali itu dengan gratis.

Toh akhirnya gue juga harus memilih Meatball Cheese with frenchfries. Gue juga terpaksa merogoh kocek Rp. 24.000,- biar giliran anak saya Lulu Ammantsura atau Rizal dan ummi Ineke yang memang jadi juru nilai rasa. Buat saya, sayang makanan semahal ini saya nikmati sendiri, mending biar mereka saja yang menilai sampai seberapa besar skor yang bisa didapat untuk 7 potong bulatan daging dan kentang goreng Perancis dengan bumbu coklat (brown sauce). Saya sendiri sempat mencuri bau harumnya, namun biar nanti sang juri yang menentukan, apakah makanan ini memang bernilai serta berkelas untuk masuk kategori "yang direkomendasikan"?

Lepas dari masalah itu semua, kembali ke cerita sang pemilik usaha yang baru saja memulai usaha kuliner ini dan memang baru memiliki satu outlet di De Koeliner. Sang pemilik mengungkapkan, sebenarnya ada satu tempat di Kemang Pratama Bekasi, sebut saja namanya Rumah Makan HEMA, yang juga menyajikan menu serupa dengan PIATTO, namun harganya relatif lebih tinggi. Menurut penilaiannya, masalah rasa, jelas menu sajian PIATTO bisa dibandingkan dan pantas diadu dengan produk sajian HEMA atau Pizza Hut, tapi masalah harga jelas PIATTO jauh lebih murah dibanding mereka.

"Loh, kok bisa? Apa rahasianya bos?" tanya saya pada sang pengelola PIATTO, yang saya temui 3 hari menjelang lebaran Aidil Fitri 1430 H itu. Sang lelaki paruh baya itu hanya tersenyum menjawab, "Kuncinya di ramuan dan rempah-rempah yang kami dapatkan jelas lebih murah namun kualitasnya terjamin sehingga menghasilkan cita rasa yang tinggi." (lah... kok rasanya belum menjawab pertanyaan gue? Ah forget it lah)

Terus bagaimana dengan menu lainnya seperti Spaghetti Bolognaise? Atau Cream Soup nya? Terus kebetulan buka puasa maunya yang manis-manis (kayak yang wawancara dan nulis blogs ini), sayangnya Orange Cocktail Soda dan Fruit Cocktail Sodanya sudah habis.... hmmmm kalau saja masih tersisa, pastilah gue bisa ngerasain nikmatnya....!

Sidik Rizal

Berikut menu yang saya dapat dari PIATTO de Koeliner


No MENU PRICE




SOUP
1 CREAM SOUP with SMOKED BEEF / SAUSAGE / MUSHROOM                          9.500




SAUSAGES / MEATBALL  With FRENCH FRIES
2 BEEF BOCKWURST SUPER JUMBO                        21.500
3 BEEF BOCKWURST                        19.000
4 CHICKEN BOCKWURST (BROKOLI / JAGUNG / WORTEL )                        19.000
5 CHEEZY  SAUSAGE  (KEJU)                        19.000
6 MEATBALL SAUSAGE (BEEF / CHEESE / SPICY)                        19.000
7 MEATBALL WITH BROWN SAUCE & FRENCH FRIES                        24.000




PASTA
7 SPAGHETTI BOLOGNAISE                        17.500
8 SPAGHETTI CARBONARA                        17.500
9 FETTUCCINE                        17.500
10 MACARONI SCHOTEL (PACK)                        18.500




FRIED RICE
11 FRIED RICE with SMOKED BEEF                        14.500




SIDE DISH
12 FRENCH FRIES                          7.500
13 CHOCOLATE PUDDING                          6.000
14 BITTER BALLEN *                        10.000
15 CHEESE CROQUETTE *                        12.000
*) Tersedia hari Jumat - Minggu

COCKTAIL



17 ORANGE COCKTAIL SODA                          9.500
18 FRUIT COCKTAIL SODA                          8.500

Tidak ada komentar:

Posting Komentar