Cari data di web ini

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Iklan Hubungi (021)27101381


Informasi berita tentang wisata kuliner di seluruh Indonesia - Kontak Redaksi: (021)271.01.381 - (021)606.36235, Hotline: 08787.882.1248 - 081.385.386.583

Kamis, 17 September 2009

Ayam Bakar dan Ayam Cabe Ijo SAUNG SAE

Andalkan Menu Favorit Pelanggan
Sate Maranggi Paling Mantap di Jakarta Timur

Bekasi, dobeldobel.com/kelanakuliner.com
Bila anda sedang melewati Kalimalang Bekasi mulai dari ujung Cawang (Halim Perdanakusuma) hingga ke ujung Bekasi Selatan (Bekasi Cyber Park) maka akan ada banyak sekali kelana kuliner yang anda dapati sepanjang perjalanan. Mulai dari makanan cepat saji hingga beragam yang menyajikan kekhasan tradisional nusantara.

Untuk makanan khas Sunda, maka inilah yang paling banyak diserbu oleh para penikmat kuliner. Ambillah tempat jajanan makanan khas Sunda yang bisa anda temui lewat Terminal angkot Bekasi Sumber Arta, Kalimalang kemudian setelah menempuh 300 meter dan belasan meter sebelum LPG Depo maka anda akan temui Rumah Makan Khas Sunda SAUNG SAE.
SAUNG SAE, sendiri artinya adalah rumah yang bagus. menurut Opi, ibu anak berusia 4 tahun ini, baru sekitar satu tahun terakhir ini saja ia dan ibundanya menemukan menu andalan yang sangat disukai oleh para pelanggannya. Untuk kalangan remaja dan pelajar, maka pilihan Ayam Bakar SAUNG SAE yang menempati peringkat teratas. Hal ini sesuai dengan kemampuan kocek mereka, menu Nasi Ayam Bakar Saung Sae yang hanya Rp. 7.500,- sudah bisa mereka nikmati.

Sedangkan untuk menu Ayam Cabe Ijo SAUNG SAE (juga dikenal dengan nama Ayam Cabe Hijau), adalah merupakan menu favorit para pelanggan yang kebanyakan adalah dari kalangan pekerja kantoran dan eksekutif. Itulah sebabnya RM Saung Sae mulai memenuhi permintaaan deliveri (pengiriman) untuk pemesanan Nasi Kotak (Nasi Box) dan Catering Kantoran dan Nasi Tumpeng dengan menu makanan sesuai selera permintaan pemesan. Untuk wilayah Bekasi radius 5 km minimal order pemesanan adalah Rp. 200.000,-

Untuk menu utama yang bisa anda pesan adalah menu paket Nasi Ayam Cabe Ijo dengan harga Rp.10.000,- per paket, Nasi Timbel Ayam harga per paketnya Rp. 16.000,-, Nasi Tutug Oncom seharga Rp.16.000,-/paket atau Nasi Sate Maranggi yang berharga Rp. 15.000,-/paket.

Untuk Dine In (makan di resto Saung Sae) saja, ungkap Syahrir sang suami, RM Saung Saeyang beromzet berkisar puluhan juta per bulan ini kini lebih memfokuskan pada menu favorit pelanggan, yakni Ayam Cabe Ijo dan Ayam Bakar Saung Sae. Memang di samping menu utama mereka, Rumah Makan yang bertata desain interior rumah bambu tradisional Sunda ini menyediakan pula beberapa menu paket seperti Paket Nasi Timbel, atau paket pilihan terpisah seperti Sayur Asem, Tempe Penyet, Ayam Penyet dan Menu Ikan Gurame serta menu makanan Sunda lainnya yang tak kalah nikmat untuk anda kunjungi dan nikmati.

Pasangan suami istri, Syahrir dan Opi (Sofiyah), sebenarnya sudah lebih dari empat tahun membuka usaha rumah makan Khas Sunda SAUNG SAE ini. Bahkan dulu sempat membuka resto yang menyajikan menu makanan utama ala barat, Steak. Usaha Resto Steak yang dibuka di wilayah Tebet itu tidak berjalan baik, karena harga dan biaya produksi yang tak sesuai dengan permintaan pasar dan daya beli pengunjung yang memang sudah ditargetkan. Belajar dari kepahitan kegagalan mengelola resto makanan ala barat ini lah, melahirkan ide untuk menciptakan rumah makan sederhana yang bukan saja akrab di lidah kebanyakan orang-orang di Jabodetabek, tapi juga terjangkau.

Maka konsep tradisional Sundalah yang jadi pilihan pasangan suami istri ini. Hasil musyawarah dengan sang ibu dari Opi, didapat saat Syahrir dan Opi melakukan kelana kuliner ke setiap resto khas Sunda dan mencoba menemukan rahasia bumbu dengan mendiskusikannya kepada Ibunda mertuanya, maka terciptalah menu-menu khas ala Rumah Makan Saung Sae yang kini menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai makanan tradisional khas Sunda. Bukan saja sehat (karena pada dasarnya bahan makanan utama adalah sayur-sayuran), tapi sangat mengundang selera dan membuat siapa saja yang pernah menikmatinya akan kembali.


kelanakuliner.com menikmati dua masakan menu utamanya, yakni Nasi Ayam Cabe Ijo dan Sate Maranggi lalu segelas Susu hangat. Untuk harga yang relatif tidak mahal di kantong umum hanya Rp. 10.000,- per paket, Nasi Ayam Cabe Ijo, bisa kita nikmati langsung. Di samping rasanya akan membuat lidah anda menari, rasa pedasnya yang beraromakan daun jeruk nipis ini dan empuknya daging ayam yang disajikan di atas potongan daun pisang dan beralaskan piring anyaman bambu akan langsung membawa anda terbang seolah sedang berada di tanah Sunda. Suasana begitu mendukung apalagi interior desain rumah makan sederhana ini yang sangat country style. Mungkin anda juga bisa meminta diperdengarkan musik degung khas bumi parahyangan bila anda mau demi memperkuat suasana tradisional Sundanya.

Sedangkan menu paket Nasi Sate Maranggi (Rp. 15.000,-/paket) dilengkapi dengan Tahu dan Tempe Goreng serta daun selada potongan tomat segar dan acar, pastinya membuat saya lebih cepat merasakan suasana khas parahyangan. Empuknya daging sapi yang dipotong sedemikian rupa dan disajikan pada tusukan sate dan bakarannya yang tidak terlalu garing dan tidak terlalu mentah membuat saya langsung menjadikannya sebagai daftar makanan favorit yang paling dicari.

Kelezatan daging sapi yang biasanya hanya bisa saya nikmati dalam makanan berbentuk Bakso atau Steak ini, ternyata begitu berbeda penyajiannya. Rasa Sate Maranggi ala Saung Sae ini seperti kita makan daging Steak. Saya pun menduga (kalau nggak mau dibilang mencurigai), mungkin karena pasangan suami istri Syahrir & Opi ini pernah mengelola resto Steak, maka rasa dan hasil bakaran Sate Marangginya begitu sempurna bak memakan Steak ukuran mini dalam tusukan bambu. Anda pasti akan setuju dengan saya bila telah merasakan sate Maranggi khas Sunda Saung Sae ini.


Lalu bagaimana anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Khas Sunda SAUNG SAE ini untuk menikmati menu utama Nasi Ayam Cabe Ijo atau Nasi Ayam Bakarnya? Bila anda ada di Kalimalang, maka cukup anda pergi menuju Terminal Angkot Sumber Arta, Kalimalang, kemudian masuk ke jalan yang menuju Bintara dan menuju Depo LPG. Sebelum anda mencapai Depo tersebut, di sebelah kiri anda akan anda lihat Rumah Makan Khas Sunda Saung Sae. Dan untuk pemesanan menu makanan catering atau delivery service, anda cukup menghubungi no. Telp.: (021) 7024.1*** atau (021)9346.1965

Jadi kalau anda mau menikmati menu makanan khas Sunda Nasi Ayam Cabe Ijo atau Nasi Ayam Bakar, maka berunjunglah ke RM Saung Sae, Bintara, Bekasi. Anda bisa reservasi terlebih dahulu untuk memesan tempat pada saat hari-hari libur karena kemungkinannya ramai dan anda tak mendapatkan tempat. RM Saung Sae sendiri memilik kapasitas parkir untuk 4 mobil dan 20 motor. Mengenai hal ini, sang pemilik, Syahrir memang merencanakan pengembangan usaha untuk membuka cabang yang tentunya lebih luas dan ada di wilayah keramaian lalu lintas 
Sidik Kelana Rizal - kulinerkuliner.com

Ayam Cabe Hijau, Ayam Cabe Ijo atau Ayam Cabe Hijo adalah Ayam Cabe Ijo Saung Sae. Setiap Ayam Cabe Ijo yang ada di Kalimalang adalah Ayam Cabe Ijo Saung Sae. Nasi Ayam Cabe Ijo Saung Sae adalah Nasi Ayam Cabe Hijo, atau biasa disebut dengan Ayam Cabe Hijau Saung Sae dan bisa juga Nasi Ayam Cabe Hijau Saung Sae.

13 komentar:

  1. Wah menun masakannya sama neh dengan makanan Ayam Cabe Ijo bikinanku yang pernah aku buat di tahun 2006... Semoga aja Saung Sae tambak sukses...

    BalasHapus
  2. Wah Menu Ayam Cabe Ijonya sama dengan menu kami neh!

    Description:
    Mustinya sih Gulai Itiak Lado Mudo, tp gara-gara males ke Pasar Silir yang jauh, gak dapet bebek deh. Diganti ama ayam kampung aja. Gpp lah, sama-sama enaknya.

    Dan meski blum pernah ngrasain masakan ini sebelumnya, daku penasaran karena banyak orang memperbincangkan. Nekat deh bikin ini untuk salah satu menu new year family gathering.

    Source resep: Rosy Stuart, Scotland Yard (aku dapet di web... apa gitu, lupah!)

    Ingredients:
    1 buah ayam kampung (sebenere kemarin bikin pake 2 ayam, jadi tinggal dikalikan 2 resepnya)
    250 gr cabe hijau giling + 1 sendok makan air jeruk (digiling cabenya dan kasih perasan jeruk supaya cabe nya jangan cepat hitam karena cabe hijau cepat hitam beda dengan cabe merah.)
    2 cm laos memarkan
    2 lembar daun salam
    3 lembar daun jeruk
    1 lembar daun kunyit
    2 sdm minyak untuk menumis
    500 cc air

    Bumbu halus:
    8 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    2 cm jahe
    4 kemiri
    2 sdm garam

    Directions:
    Karena susyeh motong-motong, aku minta tukang ayam yang potongin tu ayam. Sampai di rumah aku cuci bersih, panggang di atas arang tuk ilangin bulu halus dan membakar lemaknya. Dengan cara gini, ayam rasanya jadi lebih sedep katimbang jika langsung dimasak.

    Tumis semua bumbu halus, masukkan bumbu2 lainnya, tumis hingga wangi, masukkan ayam, aduk2, lalu tuang air. Masak yang lama hingga berminyak dan tentunya matang empuk.

    Sederhana tho?

    Pengalaman:
    - Aku pakai cabe hijau biasa, ternyata rasa pedasnya kurang naik, kurang menggigit.
    - Rasa cabenya terasa agak pahit dikit (orang Jawa bilang "Tuntum'e pahit" Jadi gak bener2 pahit cuma setelah selesai makan menyisakan sedikit rasa pahit di lidah). Mungkin ini pengaruh cabe yang diblender. Klo cabe giling tangan mungkin lebih sedep. Tapi sapa yang mo giliiinggg?? Hahaha... Hmmm.... mungkin laen kali cabenya direndem air garam dulu 30 menit-1 jam biar gak seberapa pahit.
    - Memang lebih sedap klo dimasak pake arang. Aku masak pake arang hingga setengah matang, selanjutnya naek di kompor gas.

    BalasHapus
  3. ayam cabe hijau

    aku sering masak ini dirumah tapi ga pernah aku foto, sorry ya g ada fotonya tapi dijamin enak lho mau dingin atau panas juga dimakan ama nasi yang pulen sedep banget.

    bahan :

    1/2 ekor ayam
    5 buah bawang merah
    100 g cabe hijau, dipotong lalu tumbuk kasar
    1 buah serai di geprek
    2 lembar daun salam
    2 gelas air
    1/4 minyak goreng
    gula
    penyedap rasa

    bumbu - bumbunya
    4 siung bawang merah
    2 siung bawang putih
    5 buah cabe rawit
    1/2 jari jahe
    1/2 jari lengkuas
    3 buah kemiri sangrai
    garam

    cara memasaknya :
    1. bumbu-bumbunya di tumbuk kasar
    2. tumis bawang merah dengan minyak hingga layu
    3. masukkan ayam yang tlah dipotong - potong diamkan hingga matang dan kecoklatan
    4. masukkan bumbu kasarnya beserta serai, salam, gula, serai dan cabe hijau kemudian diaduk sampai rata
    4. tambahkan air aduk hingga rata tutup wajan. diamkan aduk sesekali sampai airnya tinggal sedikit,
    5. masak hingga ayam menjadi empuk dan bumbunya meresap.

    This post was submitted by tiwi.

    BalasHapus
  4. Saya Juga punya menu rahasia Ayam Cabe Ijo... sekalian kunjungi juga blogs aku ya?

    Bosan sama ayam yang ngak pedas, kali ini pengen juga makan ayam yang pedas. Kebetulan di dapur ada sisa cabe hijau yang belum diolah, dari pada tuch cabe kebuang, buru-buru dech diolah sama ayam.
    O ya...resep ini ngak pake ukuran berapa banyak bumbu yang digunakan,ngikutin kata hati aje dech *_*

    Bahan:
    Ayam==>saya pake 1 ekor
    Daun jeruk, iris halus ==>saya pake 10 lembar
    Daun bawang, iris sedang jangan terlalu halus ==>saya peke 3 buah
    Air 1 cangkir aja
    Minyak goreng 4 sdm, untuk menumis bumbu


    Bumbu halus:
    Bawang merah==>saya pake 1 buah yang besar
    Bawang putih==>saya pake 6 siung
    Kemiri==>saya pake 5 butir
    Serai==>saya pake 1 batang, ambil putihnya aja terus iris halus
    Jahe
    Kunyit bubuk ==>1/2 sdt aja
    Cabe ijo ==> saya pake 15 buah
    Garam

    Cara membuat:
    1.Tumis bumbu halus dan irisan daun jeruk hingga harum lalu masukkan potongan daging ayam, tambahkan air dan garam.
    2.Masaknya dengan api kecil aja, biar ayam ngak gosong.setelah ayam matang masukkan irisan daun bawang, aduk rata lalu angkat.
    3.Siap disajikan. Makannya sama nasi hangat, pasti dech mo nambah terus*-*

    BalasHapus
  5. Dan saya tertarik juga untuk menuliskan menus kesukaan saya Gule Ayam Cabe Ijo Keluarga...

    Gulai ayam cabe hijau

    Bahan:
    1 ekor ayam, potong 6
    200 g cabe hijau, memarkan
    250 g santan kental dan 1 liter santan encer dr 1 butir kelapa
    2 sdm air jeruk nipis
    1 lembar daun salam
    3 cm lengkuas, memarkan
    2 lembar daun kunyit
    1 sdm air asam jawa
    2 sdm miyak utk menums
    1 bungkus kaldu instan

    Bumbu yang dihaluskan:
    6 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    3 butir kemiri
    1 cm jahe

    Cara:
    - Lumuri potongan ayam dengan jeruk nipis. Diamkan 30 menit, tiriskan. Panggang di atas bara api hingga kecoklatan. Angkat.
    - Tumis bumbu halus, cabe hijau, daun salam, lengkuas, daun kunyit dan air asam jawa. ADuk rata. Masukkan potongan ayam dan tuangi santan encer. Didihkan hingga ayam empuk. Tambahkan santan kental dan kaldu instan hingga kuah mengental, angkat. Sajikan

    Untuk 5 orang

    BalasHapus
  6. Wah biar ikut ngeramein neh...
    Kalo yang ini menu gaya saya pribadi

    Gulai ayam cabe hijau
    Bahan - Bahan :
    Ayam 1 ekor, bersihkan dari lemaknya, potong 8 bagian,
    remas dengan 1 sdm Royco rasa ayam lalu panggang
    hingga kecoklatan (di atas arang atau di oven)
    Royco rasa ayam 2 sdm
    10 buah cabe hijau, ulek kasar dengan 1 sdm air jeruk nipis,
    agar warna cabe tetap hijau
    1 ibu jari lengkuas, memarkan
    5 lembar daun jeruk
    2 lembar daun salam 2
    1 lbr daun kunyit
    4 sdm minyak goreng untuk menumis
    1 buah Jeruk nipis ukuran sedang, peras airnya untuk bumbun dan ulek cabe hijau
    500 ml air
    Bumbu yang dihaluskan :
    10 buah bawang merah
    4 siung bawang putih
    1 ruas jari jahe
    5 butir kemiri
    1 sdm air jeruk nipis
    1 sdm Royco rasa ayam
    Garam secukupnya

    Cara membuat :
    Tumis semua bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, daun kunyit hingga harum lalu masukkan ayam dan tambahkan air.
    Masak hingga ayam lunak dan air agak mengering
    Hidangkan dengan nasi hangat

    BalasHapus
  7. Kami juga punya jagoan Resto dengan menu yang sama
    Jakarta - Hampir semua makanan top di Jawa ada di cafe gres ini. Dari soto Lamongan, pecel Madiun sampai mendoan. Ayam penyetnya justru memakai balutan cabai hijau. Tentu saja rasanya jadi gurih diselingi pedas-pedas asam. Penasaran?

    Saat melintasi kawasan Pejaten mengarah ke Buncit, saya melihat banner merah besar bertuliskan Jawa Cafe & Resto. Hmmm..tampaknya sebuah cafe baru. Berhubung waktu makan siang hampir tiba, langsung saja saya membelokkaan mobil masuk kedalam area parkiran.

    Kalau melihat resto dari luar sih, seperti tidak ada yang istimewa. Tapi saat melangkahkan kaki masuk, nuansa yang cerah dan sangat kental suasana Jawa nya langsung menyergap. Bagaimana tidak, kain-kain batik bertebaran di dindingnya, ada juga layang-layang dan sangkar burung menghiasi langit-langitnya.

    "Duduk di lantai 2 saja mba, suasananya lebih santai loh!" ujar salah satu pelayan menyambut kedatangan saya bersama dua orang teman. Wah, tak seperti ruangan yang di lantai 1 ruangan di lantai atas jauh lebih besar bahkan ada open airnya juga dengan dinaungi payung-payung besar berwarna merah.

    Karena cuaca sangat panas, kami lebih memilih duduk di dalam. Kedatangan kami pun disambut dengan permainan organ unggal yang berada di sudut ruangan. Seorang pelayan berseragam batik segera menghampiri dan memberikan daftar menu pada kami. Wah.. ternyata untuk ukuran resto yang barusaja beroperasi, menu yang di hadirkan cukup komplet. Tapi kesemua menu di sini bercitarasa dari tanah Jawa.

    Seperti Nasi Rawon, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Sulung Madura, ada juga Pecel Madiun, dan masih banyak lagi. Aneka minumannya juga tak mau kalah, ada wedang jahe, wedang ronde, dan beberapa jenis lainnya. Ada juga beberapa paket yang ditawarkan dan jika sedang datang beramai-ramai bersama teman-teman bisa ambil paket ber enam juga. Huff.. sayang saja saya hanya datang bersama dua orang teman saya.

    Kami pun siap memesan, seporsi bebek goreng, nasi rawon Surabaya, Paket nasi plus ayam penyet. Untuk pelepas dahaga es jeruk nipis dan lemon tea pilihan kami. Oya, tak ketinggalan teman saya yang menghobi dengan tempe mendoan memesannya juga. Sambil menunggu pesanan, kami diberikan camilan kerupuk singkong yang sedikit pedas.


    Daging bebeknya sangat lembut dan tak ada perlawanan ketika disayat. Rasanya sungguh gurih lezat, apalagi kalau sudah kena sambal rawit dan sambal matahnya. Makin muantab! Nasi ayam penyet datang terakhir. Ditaruh dalam piring tanah liat yang beralaskan daun pisang. Ayamnya berbalut dengan sambal cabai hijau di atasnya, tomat, timun, dan buncis menghiasi sekelilingnya.

    Saat dicoba ayamnya sangat garing dan gurih, hanya sayang ukurannya agak sedikit kecil. Pertama kali melihat sambal hijaunya, saya pikir rasanya akan sangat pedas. Tapi dugaan saya ternyata salah, sambal hijaunya tidak se'garang' perkiraan saya. Justru rasanya asam,pedas, dan manis. Sedikit aneh memang, kalau dibandingkan dengan ayam penyet yang pernah saya coba di beberapa tempat. Tapi hal itu tidak menyurutkan minat saya untuk menyantapnya.

    BalasHapus
  8. Resep Masakan-Resep Masakan Padang–Gulai Ayam Cabe Hijau
    Bahan Resep Gulai Ayam Cabe Hijau

    Bahan - Bahan :
    Ayam 1 ekor, bersihkan dari lemaknya, potong 8 bagian,
    remas dengan 1 sdm Royco rasa ayam lalu panggang
    hingga kecoklatan (di atas arang atau di oven)
    Royco rasa ayam 2 s dm
    Cabe hijau 10 buah, ulek kasar dengan 1 sdm air jeruk nipis,
    agar warna cabe tetap hijau
    Lengkuas 1 ibu jari, memarkan
    Daun jeruk 5 lembar
    Daun salam 2 lembar
    Daun kunyit 1 lbr
    minyak goreng 4 sdm untuk menumis
    Jeruk nipis 1 butir, peras airnya untuk bumbun dan ulek cabe hijau
    Air 500 ml

    Bumbu yang dihaluskan :
    Bawang merah 10 buah
    Bawang putih 4 siung
    Jahe 1 ruas jari
    Kemiri 5 butir
    Air jeruk nipis 1 sdm
    Royco rasa ayam 1 sdm
    Garam secukupnya
    Cara membuat Gulai Ayam Cabe Hijau

    Tumis semua bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, daun kunyit hingga harum lalu masukkan ayam dan tambahkan air.
    Masak hingga ayam lunak dan air agak mengering
    Hidangkan dengan nasi hangat

    BalasHapus
  9. Kalau bosan dengan opor ayam, ayam berbumbu cabai hijau ini sangat lezat dimakan dengan ketupat atau lontong. Jika suka rasa gurih bisa dipakai ayam kampung dan cabai rawit agar rasa pedasnya lebih mengigit.

    Bahan:
    4 sdm minyak sayur
    1 lembar daun kunyit, potong-potong
    2 lembar daun jeruk
    1 ekor ayam, potong 4 atau 12
    500 ml santan kental
    2 sdm air asam Jawa
    Haluskan:
    250 g cabai hijau
    6 butir bawang merah
    4 siung bawang putih
    4 butir kemiri
    1 sdt merica butiran
    4 cm kunyit
    2 cm jahe
    2 cm lengkuas
    2 sdt garam

    Cara membuat:
    Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
    Tambahkan daun kunyit, serai dan daun jeruk. Aduk hingga layu.
    Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga kaku.
    Tuangi santan, didihkan hingga kuah tinggal sebagian.
    Beri air asam Jawa, aduk dan masak hingga kuah kering.
    Angkat. Sajikan hangat.

    Untuk 6 orang

    BalasHapus
  10. Pertama denger nama menu ini.....yang ada di dalam bayangan gw adalah ayam di goreng plus sambel ijo......sluuurupppp....

    Ternyata salah bo’.......pas sampe di warung padang deket ITC fatmawati , ayam cabe ijo itu berbentuk ayam kuah....berwarna kecoklatannn......

    Rasanya seperti kalio tapi ada rasa pedes, manis dan asem yang seger bangettt....uuuuu...gw langsung jatuh cinta sama menu satu ini........

    Minggu awal puasa ,gw lewat warung padang itu...ternyata TUTUP...huh! ngidam banget pengen itu ayam.....

    Besoknya nyokap beli ayam.....beserta bumbu-bumbu yang di perluin....sorenya pulang kerja langsung mencoba dengan resep tebakan...kira-kira bumbunya Ayam Cabe ijo itu apa yaaaa......hmmmmm.....

    Bahan:
    4 potong Ayam segar
    5 cabe ijo besar belah dua
    daun salam
    sereh
    lengkuas
    minyak untuk menumis
    2-4 sdm santan kara *nggak usah kalo kolesterol tinggi*
    kecap
    2 sdm air asem jawa
    garam secukupnya

    Bahan yang di haluskan :
    3 cabe rawit (biar pedesnya poll)
    ketumbar secukupnya
    6 siung bawang putih
    5 siung bawang merah
    3 cabe merah
    lengkuas
    5 kemiri
    air secukupnya



    cara membuat :
    bahan yan telah di haluskan di tumis sampai harum, masukan ayam – cabe ijo- daun salam – sereh- lengkuas , tambahkan air secukupnya tunggu sampai mendidih , masukkan santan - kecap - garam – air asam jawa .

    matang......langsung ambil nasi putih , santappppppp........sluuurupppp.....

    TIPS :
    1. Masak akan sedap kalo semua bumbu masih segar - TANPA VETSIN -
    2. Menghaluskan bumbu dengan blender jangan di tambah air, tapi di tambah minyak goreng agar bumbunya halus merata.
    3. Masak dengan riang gembira...kalo cemberut pasti masakannya lama matengnya.....*loch...nggak nyambung*

    masak itu mudah.....apalagi sekarang ada blender nggak usah ngulek lagi....tapi entah kenapa...gw rajin masak kalo bulan puasa doang belaga’ jadi ibu duta besar yang baik *ngayal*.......11 bulan yang laen...doyan nge-Trip....menjejakkan kaki di Indonesia tercintah.....*pake h*

    BalasHapus
  11. Resep makanan membuat masakan Ayam Cabe Hijau / Cabai Ijo yang merupakan Lauk-Pauk Ayam-Ayaman halal, enak, nikmat, sedap, lezat dan bergizi :

    A. Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Ayam Cabe Hijau / Cabai Ijo Yakni :

    1. ayam = 1 kilogram
    2. garam, merica dan minyak goreng = secukupnya
    3. bawang merah diiris tipis = 10 siung
    4. bawang putih diiris tipis = 2 siung
    5. lengkuas yang sudah dimemarkan = 1 buah
    6. sereh yang dimemarkan = 1 buah
    7. asam jawa = 1 sendok makan
    8. kunyit = 2 batang
    9. cabe ijo diiris miring = 10 biji
    10. santen kelapa = 3 gelas biasa

    B. Panduan Cara Memasak Ayam Cabe Hijau / Cabai Ijo Secara Bertahap Yaitu :

    1. ayam dibersihkan sampai bersih dan potong-potong
    2. ayam tadi dioleskan dengan merica dan garam lalu didiamkan
    3. ayam digoreng dengan minyak goreng sampai mateng
    4. ulek bawang merah, bawang putih, garem dan kunyit
    5. tumis bumbu yang diulek tadi dengan cabai hijau, lengkuas, serai, asam jawa sampai baunya harum
    6. masukkan ayam goreng lalu diaduk merata
    7. masukkan santan kelapa dan kemudian masak sampai bumbu meresap
    8. jika kuah terlalu kering bisa ditambah air

    -----

    Tambahan :
    Resep Ayam Cabe Hijau / Cabai Ijo dan semua resep dapur lainnya adalah halal. Dapatkan banyak resep masakan rahasia lainnya di situs Organisasi.Org ini secara gratis cuma-cuma hanya untuk anda. Gunakan fitur pencarian yang ada di situs ini untuk mencari resep Lauk-Pauk Ayam-Ayaman lainnya seperti aneka sajian hidangan sayur, sambal, lauk-pauk, kue basah, kue kering, minuman, cemilan, dll. Anda juga dapat berpartisipasi mengirimkan resep anda ke situs ini. Selamat masak, makan dan menikmati Ayam Cabe Hijau / Cabai Ijo.

    Note :
    Indonesian food recipes for public non commercial.

    BalasHapus
  12. saya sich ud pernah makan ke saung sae ayam cabe ijo rasanya cuaakeep beda dech sama yg laen..walaupun sama2 cabe ijo tapi yg ini beda..ada rasa khasnya...pokoknya siip dech bikin ketagihan..

    BalasHapus
  13. wah. saung sae sih emang enak. yg udah baca,pada cobain yah.

    BalasHapus