Cari data di web ini

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified twitterfacebookgoogle plusrss feedemail

Iklan Hubungi (021)27101381


Informasi berita tentang wisata kuliner di seluruh Indonesia - Kontak Redaksi: (021)271.01.381 - (021)606.36235, Hotline: 08787.882.1248 - 081.385.386.583

Jumat, 18 Juni 2010

Sate Kiloan PSE Kalimalang - Dombanya Khusus Dari Garut

PSE Memang Pusatnya Sate Enak
Jl. Inspeksi Kalimalang Kp. Pekopen
Tambun Selatan - Bekasi
Delivery Order (021) 986.23.919

Cibitung kalimalang - kotabekasi.blogspot.com
Tahukah Anda kini jalur sepanjang Kalimalang menjadi salah satu jalur wisata kuliner terpanjang di Asia Tenggara. Saat kelanakuliner menyusuri Kalimalang dari Bulak Kapal kota Bekasi menuju Cibitung, kelanakuliner menjumpai dua resto besar yang mempunyai sajian sama tapi berbeda berupa sate kiloan. Meski sama sate kambing, namun salah satunya hanya mendatangkan domba dari daerah tertentu.

Yang pertama adalah Lesehan Kapalay Dua, sedangkan satunya lagi adalah RM Sate Kiloan PSE. Untuk rumah makan yang kedua, kita akan membedahnya secara khusus. RM Sate Kiloan PSE (kependekan dari Pusat Sate Enak). Rumah makan yang luasnya tak lebih dari 9 x 9 meter persegi ini di atas lahan seluas 500 meter persegi dilengkapi dengan dua buah lapangan futsal, sebuah ruangan khusus ganti pakaian plus toilet serta mushola mampu menampung parkir mobil di dalamnya sedikitnya belasan mobil dan puluhan motor.

Sayangnya meski lahan di bagian dalamnya sebenarnya luas, tapi yang tampak dari muka bagi para pengguna jalan raya Kalimalang rumah makan sate kiloan ini kelihatan bagai bottle neck resto. Bagaimana tidak, dengan banner sederhana bertulisan Sate Kiloan PSE di muka pintu masuk dan di depan plang yang melintangi samping jalan sehingga bisa dilihat dari dua sisi jalur jalan raya Kalimalang. Kesan ruang kecil memang bisa menipu, tapi coba saja para pengunjung masuk dan mencoba menu sajian utamanya, mungkin kesan sumpek akan hilang. Apalagi setelah para pengunjung resto yang interiornya bernuansa merah ini merasakan sajian sate kiloan daging domba yang khusus didatangkan dari Garut.

Ketika ditanya mengapa hanya mau menggunakan daging domba dari daerah Garut, sang pemilik Aulia atau akrab dipanggil Pak Aup ini menuturkan, "Sebenarnya domba-domba Garut terkenal karena pemeliharaannya yang masih alami kampung. Ternak domba kampung Garut memang sengaja dibiarkan merumput di alam liar yang tentunya masih segar dan tanpa tambahan obat-obatan maupun suntikan seperti halnya kambing-kambing yang diternak di perkotaan secara modern."

Dari rasanya sendiri, daging domba Garut memang terkenal dengan kelembutannya, apalagi yang digunakan hanya sebagian dari daging hass (bagian belakang punggung sampai pinggang) kemudian dari paha atas belakang sampai paha atas depan. Baik lemak dan jeroan kami jual lagi kepada pembeli yang biasanya adalah pedagang keliling sate gerobak dorong.

Untuk sop kambingnya, pak Aup mengaku hanya mengambil beberapa jeroan dan kaki kambing. Khusus untuk sop kambingnya, Anda patut mencoba. Kebetulan sewaktu kelanakuliner sedang mencobanya dalam keadaan sedang sakit gigi karena masuk angin. Dan hasilnya adalah beberapa saat sakit gigi kumat karena tak sengaja mengunyah tulang kaki kambing, namun setelah minum obat pereda sakit, dan merasakan hangatnya sop kambing, aneh bin ajaib... demam hilang bersamaan dengan redanya sakit gigi. Yang lebih mantap lagi adalah efeknya setelah beberapa jam. Tanpa sadar gairah dan hasrat tertentu melonjak, apalagi setelah tiba di rumah. Maknyoss dan ngejoss cuy!!!

Lepas dari masalah efek khasiat daging domba di Sate Kiloan PSE milik pak Aup yang kini tinggal di Cibubur ini, ternyata dirinya mengaku bahwa setelah dia melakukan survey beberapa waktu di kawasan Kalimalang, hasilnya belum ada resto yang menyajikan sajian yang sudah umum ada di Cibubur dengan naa sate kiloannya.

RM Sate Kiloan PSE yang mempunya 8 orang kru, yang terdiri 2 orang koki yang secara khusus didatangkan dari Bogor dan Sukabumi dan sisanya adalah waiters, sedikitnya mampu menampung 75 orang ini mulai buka dari jam 10.00 pagi dan kadang tutup hingga  jam 11.00 malam bahkan bila masih ada pelanggan hingga jam 4.00 dini hari. Padahal rumah makan sate kiloan ini baru buka tak lebih dari 3 bulan, namun pelanggan semakin bertambah setiap harinya terutama dari kalangan pekerja pabrik dan kantoran di dekat kawasan kampung Pekopen itu.

Istimewanya adalah harga sate kiloannya yang relatif jauh lebih mahal. Saat ditanya kenapa lebih mahal dari tempat lain, pak Aup mengungkapkan, "Sate kami sama sekali tak mempunyai lemak dan rasanya jelas jauh lebih enak. Inilah yang membuat para pelanggan kami tak segan membayar mahal." Kelanakuliner setuju, karena kelezatan sate domba Garut ini memang sangat berbeda sekali dengan sate kiloan kambing di lain tempat, termasuk yang ada di kawasan sepanjang Kalimalang. Belum pernah kelanakuliner merasakan kombinasi empuknya daging domba yang bukan saja juicy (lezat nikmat) tapi juga menyehatkan karena tanpa lemak sama sekali. Kelanakuliner rekomendasikan 2 jempol buat sate kiloan PSE.

Sate Kiloan PSE sudah ada dua tempat sebelumnya yakni di Cikaret Cibinong dan Cileungsi. Hanya saja merk dagang yang dipakai adalah Warung Makan H. Ja'ih. Warung tersbut sudah 4 tahun lamanya berjalan, maka melanjutkan kesuksesan usaha warung itu, pak Aup yang bernama lengkap Auf Aulia ini sengaja membuka Sate Kiloan PSE di Kalimalang. Menurut lelaki kelahiran Jakarta 112 Juni 1973 ini, dalam 2 bulan terakhir ini sedikitnya 5 ekor domba Garut habis setiap harinya.

Rahasia sebenarnya adalah dari cara motong, mengkuliti dan mengiris atau menyayat daging domba betina  ini sebelum dibakar jadi sate. Anehnya tanpa menggunakan daun pepaya pada daging sate domba inya namun  terasa sangat empuk sekali. Termasuk rasa gurihnya, pak Aup mengaku tak perlu membubuhkan mecin (vetsin) sama sekali ke dalam bumbu ataupun daging satenya. "Kami hanya menggunakan setidaknya 7 rempah alami yang dicampur dalam bumbu sambalnya. Itu saja kok" ungkapnya merendah.

Sate Kiloan PSE menerima pesanan untuk catering, pesta pernikahan, aqikah, pesta ulang tahun ataupun pesta syukuran acara tertentu baik untuk kantoran maupun keluarga. Tak usah kuatir harga paket sate kiloannya meski lebih mahal dibandingkan lainnya masih terjangkau kok. Sate Kiloan PSE hanya Rp.3.500,- per tusuknya. Sedangkan per 1/4 kg daging sate hanya dibandrol Rp 42.000,- dan untuk per 1 kg Anda hanya cukup membayar Rp 168.000,-

Bila Anda tertarik untuk pemesanan atau reservasi tempat silakan menghubungi nomor (021) 986.23.919 dan bila Anda tertarik untuk kerjasama Peluang Usaha (BO) untuk membuka usaha Sate Kiloan PSE bisa langsung menghubungi 081771.5519  atau 0812.843.18985 dengan pak Aup.

Menu Sajian Unggulan Sate Kiloan PSE
- Nasi Goreng Kambing
- Nasi Goreng Ayam
- Nasi Goreng Telor
- Ayam Kampung Goreng
- Ayam Kampung Bakar
- Kambing Guling (hanya domba)
- Aneka Minuman Segar
- Soda Gembira / Soda Susu
- Aneka Jus Buah

Sidik Rizal - kelanakuliner.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar